“ I suppose in the end, the whole of life becomes an act of letting go, but what always hurts the most is not taking a moment to say goodbye. ” – (Pi Patel).

Setiap perjalanan pasti menyimpan kenangan. Di setiap kenangan pasti ada pelajaran. Dan di setiap pelajaran kita membuat perbedaan. Bukan waktu yang mudah saat ini ketika kita disudutkan untuk membuat keputusan. Berat ketika kami menyadari harus berpisah dari mereka yang kami cinta. Sebuah momen yang tak pernah kami persiapkan. Pemaksaan yang berujung menjadi rindu – rindu yang tak kunjung pudar. Lalu menjadi rantai, menjadi candu, menyulitkan langkah, menjadi alasan untuk berkata lelah.

Begitulah impian, ia punya harga yang harus dibayar. Ia punya daya untuk mengambil semua yang kita rindukan. Ia ingin melihat sekuat apakah keinginan kita untuk mendapatkannya. Tetapi konon ia akan mengembalikan kepingan – kepingan yang telah ia pinjam kepada kita, nanti, ketika kita berhasil mendapatkannya. Impian. Sedetikpun tak ingin terpejam, saat ini aku hanya ingin bersama dia, mereka, membuat cerita. Sebuah cerita yang akan mengawali petualangan dari sebenar-benar dunia yang lebih nyata. Dan jika telah tiba waktunya kita harus berpisah, dengan mengucap ‘bismillah’ kita melangkah..

copyright by Nur Fahmy

Advertisements